Selasa, 01 Agustus 2017

MAKALAH MUBTADA DAN KHABAR

MUBTADA DAN KHABAR

Mubtada dan khabar adalah dua isim yang dari keduanya tersusun “jumlah mufidah”(pola kalimat yang memberikan faedah). contohnya :
(الحق منصور -  الاستقلال ضامن سعادة الامة)
Mubtada menjadi berbeda dengan khabar karena mubtada adalah yang dikabarkan sedangkan khabar adalah yang mengabarkan. Mubtada adalah isim yang disandarkan kepada khabar yang tidak didahului oleh amil. Sedangkan khabar adalah isim yang disandarkan kepada mubtada. Ia adalah penyempurna faedah beserta mubtada. Jumlah atau pola kalimat yang tersusun dari mubtada dan khabar dinamakan “jumlah ismiyah”.
Ada delapan pembahasan yang berkaitan dengan mubtada dan khabar :
Beberapa hukum mubtada.
Ada lima hukum bagi mubtada :
Wajib dibaca rafa’. Meskipun terkadang juga dibaca jair
Dengan ba
(بحسبك الله)
Atau huruf zaidah
(هل من خا لق غير الله يرزقكم)
Atau dengan rubba.
(يا رب كا سية فى الدنيا عا رية يوم القيامة)
Wajib berupa isim ma’rifah seperti :
(محمد رسول الله )
atau nakirah mufidah seperti :
(مجلس علم ينتفع به خير من عبادة سبعين سنة)
 Untuk nakirah mufidah harus memenuhi salah satu di antara 14 syarat di antaranya :
Berupa idlafah secara lafadz.(خمس صلوات كتبهن الله) atau secara makna(كل يموت)
Berupa isim sifat secara lafadz
     
atau dikira-kirakan.(امراتى بك-اي امر عظيم)

Khabarnya berupa dharaf
       
atau jar majrur
   
dan khabarnya didahulukan.
Jika jatuh setelah nafi   (ما احد عندنا )atau istifham (ا اله مع الله), huruf laula, dan idza fujaiyyah(خرجت فاذا اسد رابض).
Nakirah mufidah itu menjadi amil.(امر بمعروف صدقة ونهي عن منكر صدقة)
Berupa isim mubham.(من يحتهد يفلح)
Nakirah mufidah itu merupakan permohonan, baik(سلام عليكم) atau buruk.(ويل للمطففين)
Boleh membuangnya ketika ada dalil.(سورة انزلناها)
Wajib membuangnya ketika dalam empat posisi :
Ketika atasnya ditunjukkan jawabnya qasam.(فى ذمتى لافعلن كذا)
Ketika khabarnya berupa mashdar pengganti.(صبر جميل-اي صبيري)
Ketika khabarnya ditakhsis dengan pujian atau celaan.(نعم او بئس)
Ketika aslinya berupa naat.
Asalnya mubtada posisinya di depan namun terkadang juga harus diposisikan di belakang.
Mubtada terbagi menjadi 3 bagian :
Sharih/jelas.(الكريم محبوب)
Dlamir munfashil.(انت مجتهد)
Dikira-kirakan.(وان تصوموا خير لكم)
Beberapa hukum khabar mubtada.
Bagi khabar ada tujuh hukum :
Wajib dibaca rafa’
Khabar aslinya adalah nakirah musytaqqah tapi terkadang juga isim jamid. (هذا حجر)
Harus sesuai dengan mubtada’nya dari sisi mufrad tatsniyah dan jamaknya serta mudzakkar dan muannatsnya.
Boleh dibuang ketika ada dalil.(خرجت فاذا الاسد اي حاضر)
Harus dibuang ketika dalam empat kondisi.
ketika menunjukkan sifat yang mutlak, artinya menunjukkan wajah yang umum
الجنة تحت اقدام الامهات).(العلم فى الصدور
keberadaan khabar itu adalah khabar bagi mubtada sharih dalam qasam/sumpah.
(لعمزك لافعلن كذا)
ketika khabarnya berupa mashdar atau isim tafdhil yang dimudlafkan kepada mashdar dan setelahnya ada hal yang tidak patut menjadi khabar dan patutnya hanya menempati tempatnya khabar.(افضل صلاتك خاليا منشغلك)
ketika khabar jatuh setelah “wawu” yang tertentu bermakna “ma’a”.
((كل امرئ وما فعل اي وفعله
Boleh lebih dari satu meskipun mubtada’nya hanya satu.
(خليل كاتب شاعر خطيب)
Aslinya khabar posisinya di belakang mubtada tetapi terkadang juga boleh di depan bahkan terkadang wajib di depan.
Khabar Mufrad.
Khabar mubtada terdiri dari dua macam yaitu khabar mufrad dan khabar jumlah. Khabar mufrad adalah khabar yang tidak berupa pola kalimat, meskipun isimnya tatsniyah atau jamak. المجتهدان محمودان- المجتهدون محمودون) (المجتهد محمود-
Khabar adakalanya berupa isim jamid terkadang berupa isim yang musytaq. Yang dimaksud dengan isim jamid adalah isim yang tidak mengandung makna sifat. Sedangkan yang dimaksud dengan isim musytaq adalah isim yang mengandung makna sifat. Dan ketika khabar mubtada mengandung dlamir mubtada maka khabar harus sesuai dengan mubtada dari sisi mufrad tatsniyah dan jamaknya serta mudzakkar dan muannatsnya.
Dan ketika khabar tidak mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada maka khabar tersebut boleh bersesuaian dengan mubtada boleh juga tidak bersesuaian dari sisi mufrad tatsniyah dan jamaknya serta mudzakkar dan muannatsnya.

Khabar Jumlah.
Khabar jumlah adalah khabar yang terdiri dari jumlah fi’liyyah atau jumlah ismiyyah.
(الخلق الحسن يعلى قدر صاحبه--العامل خلقه حسن)
Dan disyaratkan jumlah yang menjadi khabar itu mengandung rabith/penghubung yang menyambung ke mubtada. Dan rabith itu bisa berupa dlamir bariz, dlamir mustatir yang kembali ke mubtada, adakalanya muqaddar, isim isyarah yang menunjuk ke mubtada, dan adakalanya kembali ke mubtada dengan lafadznya, atau dengan lafadz yang lebih umum dari mubtada.

Keharusan Mendahulukan Mubtada.
Hukum aslinya mubtada adalah didahulukan dan khabar diakhirkan, namun terkadang salah satunya harus didahulukan dan salah satunya harus diakhirkan. Mubtada harus didahulukan ketika berada dalam enam posisi, yaitu :
Berupa isim yang berada pada permulaan kalimat, seperti isim-isim syarat,(من يتق الله يفلح) isim-isim istifham,(من جاء) ma ta’ajjubiyyah(مااحسن الفضيلة) dan kam al khabariyyah.
(كم كتاب عندي)
Ketika berupa isim yang serupa dengan isim syarat.(الذي يجتهد فله جائزة)
Ketika dimudlafkan kepada isim yang merupakan permulaan kalam.(غلام من مجتهد)
Ketika bersamaan dengan lam ta’kid. (لعبد مؤمن خير من مشرك)
Ketika masing-masing dari mubtada dan khabar berupa isim ma’rifah atau isim nakirah dan tidak ada qarinah yang menta’yin salah satu di antara keduanya, oleh karena itu mubtada didahulukan khawatir adanya iltibas antara musnad dan musnad ilaih.
(اخوك علي) Namun ketika ada qarinah yang membedakan mubtada dan khabar maka boleh mendahulukan atau mengakhirkan mubtada.(رجل صالح حاضر)
Ketika mubtada diringkas di dalam khabar yaitu ketika khabar member qarinah dengan illa lafdhan(وما محمد الا رسول) atau ma’nan(انما انت نذير)
Keharusan Mendahulukan Khabar.
Khabar wajib ditempatkan sebelum mubtada dalam empat kategori, yaitu :
Ketika mubtada berupa nakirah ghoiru mufidah sedangkan khabar berupa dharaf atau jar majrur.(في الدار رجل—عندك ضيف)
Ketika khabar berupa isim istifham (كيف حالك) atau dimudhafkan kepada isim istifham.
 (ابن من انت)
Ketika ada dlamir yang tersambung dengan mubtada, kembali kepada khabar.
(في الدار صاحبها)
Ketika khabar diringkas oleh mubtada yaitu ketika mubtada bersamaan dengan illa baik secara lafdhan  (ما خالق الا الله) atau ma’nan.(انما محمود من يجتهد)
Mubtada Shifat.
Terkadang sifat dibaca rafa’ karena menjadi mubtada. Jika maushufnya tidak sesuai dari sisi tatsniyah dan jama’nya maka tidak memerlukan khabar, tetapi cukup dengan fa’il atau naibul fa’il, maka keberadaannya menjadi rafa’ karenanya, menempati posisi khabar.
((ناجح والداك

Oleh : Ahmad K.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar